Link

Sabtu, 04 Desember 2010

Supaya Umur Panjang, Konsumsilah Makanan Super


Detail Berita
Tomat (Foto: Google)
TAK dipungkiri, kakek-nenek kita banyak yang mencapai umur cukup panjang. Hal ini memang terkait dengan perbedaannya dengan masa kini di mana semakin banyaknya gempuran makanan barat, stres, asap rokok maupun pola makan yang tidak sehat.

Dalam bukunya yang berjudul “Panduan Kesehatan Keluarga” oleh Dr Miriam Stoppard, kesehatan dapat kita raih bahkan tingkatkan dengan konsumsi makanan super berikut yang dipercaya juga mampu membuat kita berumur panjang hingga bahagia dikelilingi banyak cucu.

Alpukat

Mengandung vitamin B1, B6 dan E, kalium, magnesium dan asam lemak sehat yang membantu mengatur kadar kolesterol, dan merupakan makanan pertama yang baik untuk bayi. Namun hati-hati karena alpukat mengandung banyak kalori.

Brokoli

Mengandung vitamin C, A dan E, kalsium serta asam folat.

Tomat

Sumber vitamin C dan flavonoid yang baik. Mengandung likopen sebagai antioksidan yang membantu mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.

Jagung Manis

Mengandung serat, kalium dan lutein, yang membantu mencegah katarak dan degerenasi makula (penurunan pengelihatan).

Grapefruit (jeruk gedang)

Separuh buah ini mencukupi setengah kebutuhan harian vitamin C. Makanlah serat buahnya yang mudah larut karena menurunkan kolesterol dan mengandung asam folat dan bioflavonoid yang dapat mencegah kanker.

Bawang Bombai Merah

Mengandung asam folat, B6, kalium dan flavonoid untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Dapat membantu menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Bit

Mengandung asam folat.

Stroberi

Kaya akan vitamin C dan asam elagat, sejenis senyawa dengan manfaat antikanker.

Blackcurrant

Sangat kaya akan vitamin C, K dan flavonoid pelindung tubuh.

Wortel

Mengandung karotenoid yang mencegah kanker, seperti semua makanan berwarna jingga lainnya. Makanlah sekurangnya sebatang setiap hari.

Prem

Mengandung zat besi, serat, kalium dan vitamin A.

Cranberry

Jus cranberry mencegah penempelan bakteri pada dinding kandung kemih. Penting bagi wanita yang rentan terserang sinusitis.


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar